Kamis, 30 Desember 2010

Cara budidaya ikan cupang

Budidaya Ikan Cupang

Peluang usaha yang satu ini gampang-gampang susah, karena tidak memerlukan modal besar hanya butuh ketelatenan, kesabaran. Biaya yang besar hanyalah beli benihnya, kalau ingin benih yang unggul tentu kita juga akan mengeluarkan biaya yang banyak juga. Untuk pemula cukup menggunakan ikan cupang yang biasa saja dan harga yang umum sekitar Rp. 5.000.- s/d Rp. 10.000,- untuk sepasang ikan cupang, sebagai indukan. Baru setelah mahir membudidayakannya silahkan menggunakan induk yang unggul. Dijamin akan sangat menguntungkan.

Sebagai wadah tempat ikan atau aquariumnya, Anda bida memanfaatkan bekas botol air kemasan yang tentunya Anda bisa mendapatkan dengan mudah di sekitar lingkungan rumah Anda. Untuk pakan ikan cupang tidaklah memerlukan pakan ikan yang mahal-mahal, cukup carikan nyamuk mati, jentik-jentik nyamuk atau sisakan beberapa serat daging dari lauk pauk yang kita makan sehari-hari.

Tentunya Anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara mengawinkan ikan cupang hingga bertelur dan menetaskannya. Kembangkanlah lagi dengan cara mengawinkan anak-anak ikan cupang tersebut, pilihlah anak ikan cupang yang sehat dan mempunyai sifat genetis yang baik.

Anda bisa menjual anakan ikan cupang ke pasaran dengan harga Rp. 1000,- per ekor. Dari sepasang induk ikan cupang bisa dihasilkan 100 s/d 200 anak ikan cupang. Anda bisa hitung sendiri berapa pemasukan yang Anda dapatkan bila Anda punya 10 pasang indukan. Lumayan, khan?

Apalagi kalau Anda bisa menghasilkan ikan cupang kualitas aduan, kontes atau bahkan kualitas ekspor. Anda bisa mendapatkan ratusan ribu rupiah per ekor.
Yang terpenting adalah pengetahuan, kendala-kendala yang timbul selama budidaya. Seperti masalah air, makanan, media, suhu dan penyakit

Jangan mudah menyerah. Tidak akan berhasil jika tidak mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar